Ada perbedaan didalam etika setiap pergaulan, seperti etika di rumah akan pasti berbeda dengan etika dengan para pedagang kaki lima, serta berbeda pula dengan etika di kantor. Untuk etika di kantor memiliki perbedaan yang lebih rumit dari pada etika di rumah maupun etika pedagang kaki lima. salah satu hal yang ingin disampaikan dalam postingan saya adalah etika kantor, dimana etika ini erat kaitannya dengan hubungan antara atasan dan bawahan. Mungkin ada sebuah kantor dimana atasan yang semaunya saja memperlakukan bawahannya, sebaliknya di kantor lainnya, ada bawahan yang masih belum memahami posisinya di mata atasan.Adapula di sisi lain sebuah kantor yang memperlakukan bawahan seperti budak, dan pasti adapula bawahan yang selalu sukanya membuat malu atasan, tetapi kita tidak perlu pusing dengan hal tersebut, karena kebanyakan perusahaan akan melakukan evaluasi terhadap kinerja karyawan. Sekarang bagaimana agar karyawan perusahaan dapat membudayakan atau lebih memahami etika pergaulan di kantor, dengan menampilkan diri sebagai pribadi yang memiliki etika.
Kalau Anda adalah orang yang bekerja kantoran, saya yakin sudah paham sekali mengenai etika, tetapi yang lebih penting adalah kita bisa tetap konsisten menjaga kredibilitasnya dan saling menghargai satu sama lain antar karyawan. Semakin nyaman suasana bekerja di kantor, maka akan tercipta perasaan yang enjoy dalam bekerja, tidak ada tekanan dan lain sebagainya.
Kalau diartikan etika adalah suatu kumpulan pengetahuan mengenai penilaian terhadap perbuatan-perbuatan manusia, bagaimana etika dapat dipahami dengan ukuran-ukuran tentang bergaul, bagaimana menyapa, bagaimana berpakaian, bertutur kata, makan bersama, menerima telepon dan lain sebagainya.
Seperti yang dikatakan Dr.Norman Vincent Peale, jadilah manusia yang percaya diri sendiri dan galakan sifat dinamis yang menaruh keyakinan bahwa Anda memilih pengetahuan dan kemampuan untuk melakukan apa saja yang diperlukan, dan mengerjakan dengan penuh tanggung jawab.
Dengan memiliki kepercayaan diri yang kuat merupakan faktor dominan yang mempengaruhi dengan rekan kerja..Rasa puas dengan kepercayan diri yang kuat berarti memiliki keyakinan diri dan siap untuk segala tugas yang ada, sudah berani memberikan pandangan demi kebenaran dan selalu tegas dalam membuat keputusan.
Sekarang kita memulai untuk mengetahui sedikit ringkasan tentang bagaimana Etika di Kantor
ETIKA MASUK KANTOR
Seperti biasa yang terjadi setiap hari kerja pada sebuah kantor bank selalu membuka kantor sebelum jam kerja sekitar jam tujuh pagi dibuka oleh Kepala Operasi yang biasanya datang lebih awal, selanjutnya petugas cleaning service datang untuk membersihkan bagian dalam kantor dan menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan..

Ilustrasi tersebut menggambarkan bahwa ada sejumlah aturan salam telah dikenal dan sudah melekat menjadi kebiasaan sehari-hari, semua ini untuk memudahkan kita dalam menjalin pergaulan atau hubungan dalam semangat perdamaian di kantor. Dengan mengucapkan salam yang dilakukan yang memang kelihatan sederhana ini akan menjadi pintu pembuka dalam mengawali interaksi dan komunikasi dengan rekan sekantor, hal ini lebih mudah membuka komunikasi apabila lawan bicara kita menunjukan wajah penuh ceria.

Setiap hari dalam pergaulan di kantor sudah tak terelakan, karena satu sama lain saling membutuhkan ber interaksi yang didalamnya mencakup komunikasi.Interaksi dan komunikasi akan berjalan dengan baik apabila kedua belah pihak saling menghormati dan mengerti akan hak dan kewajibannya masing-masing, karena etika itu menyangkut moralitas, susila, sosial, agama dan lain sebagainya.
Bagaimana memahami etika pergaulan adalah seperti berikut ini diantaranya :
- Bersikap sopan santun dan ramah
- Penuh perhatian terhadap orang
lain (empaty)
- Mampu menjaga perasaan orang
lain
- Berusaha untuk saling membantu
bila melihat teman kerja membutuhkan bantuan
- Mampu mengendalikan emosi


ETIKA BERPAKAIAN
Setiap orang selalu menginginkan penampilan yang menarik dan ingin merasa menarik di lihat orang lain, karena penampilan itu merupakan daya tarik setiap orang.Penampilan yang baik tercipta dari pakaian yang dipakai sehari-hari, walaupun didalam kantor hampir semua karyawan perusahaan memakai seragam masing-masing yang telah ditentukan dan sebagai karyawan di kantor tetap harus menjaga citra diri dan wibawa perusahaan sebagai image terhadap orang lain, apalagi kalau perusahaan bergerak di bidang jasa tentu salah satu menjadi hal pokok. Pakaian yang baik dan pas digunakan memberikan kesan anggun dan lebih profesional dan yang perlu kita laksanakan dalan berpakaian kantor adalah disesuaikan dengan jadwal yang sudah ditentukan harinya dalam menggunakan seragam, kalau mungkin warna atau model menurut selera Anda tidak sesuai, karyawan meski tetap harus menggunakannya dan tidak menolak.
Bagaimana cara etika berpakaian di kantor yang perlu diperhatikan adalah :
- Gunakan pakaian dengan ukuran
yang pas
- Biasakan berpakaian rapi dan
tidak kedodoran
- Jangan merubah model pakaian

ETIKA BERBICARA
Dalam berbicara
gunakan bahasa dengan ucapan yang jelas dan gampang dimengerti serta tetap
mwenjaga batasan-batasan yang mencerminkan etika dan tidak menimbulkan
pembicaraan yang asal saja.Sebagai orang timur sangat menghormati nilai
kesopanan.
Ada beberapa hal yang perlu diketahui ketika berbicara dengan orang lain.
Ada beberapa hal yang perlu diketahui ketika berbicara dengan orang lain.
- Pada saat berbicara harus
menatap lawan bicara
- Pada saat berbicara suara harus
jelas terdengar
- Gunakan bahasa yang baik dan
benar
- Hindari menggunakan nada suara
yang tinggi
- Aturlah pembicaraan agar
gampang dimengerti
- Belajar untuk bisa mengimbangi lawan bicara
- Berusaha untuk menyenangkan
lawan bicara
- Ciptakan selang sekali waktu
rasa humor
- Mampu untuk memuji lawan bicara
Selau berusaha untuk menjadi pendengar yang baik

Sedangkan hal-hal yang harus dihindari ketika berbicara dengan teman kerja
- Jangan membicarakan kejelekan
orang lain/teman kerja
- Pada saat berbicara hindari
pembicaraan hal yang sensitif
- Jangan memotong pembicaraan
orang lain
- Jangan monopoli
pembicaraan
- Hindari untuk membicarakan diri
sendiri


MENJAGA HUBUNGAN DENGAN TEMAN SEKERJA
Dalam lingkungan kerja, faktor kerja sama merupakan landasan utama agar pekerjaan bisa berhasil dengan baik dan minimal bisa mencapai sesuai yang diinginkan.Sering kita tidak menyadari keberhasilan karir kita sebenarnya akibat dorongan dan peran dari teman kerja, oleh karena itu binalah hubungan dengan kebersamaan dan ciptakan citra yang baik kepada sesama rekan kerja dan tunjukan diri kita adalah bagian tak terpisahkan dari mereka. Dengan memperlakukan kawan sebaik mungkin dengan kesan bahwa dirinya sangat berarti bagi kita akan membawa hasil yang lebih baik dalam membina kelanjutan hubunga teman sekerja.
Kalau kita secara konsisten bisa membangun saluran komunikasi yang efektif dan efisien yang dapat menjadi wadah bagi semua karyawan untuk mencurahkan aspirasi dan keluh kesahnya, ini akan membawa suatu keberhasilan team kerja semakin lebih berkembang dalam hubungan kerja dan meciptakan iklim kerja yang nyaman dan damai.
Berikut ini kiat yang sederhana agar kita dihormati oleh teman sekerja :
- Jadikanlah
teman sekerja sebagai mitra kerja, tetapi jangan mengangap teman kerja
sebagai pesaing
- Tumbuhkan
rasa saling membantu satu sama lain
- Ingatkanlah
teman sekerja ketika ada sedikit menyimpang
- Jaga
agar tidak terjadi konflik yang berkepanjangan
- Biasakan
untuk berdiskusi yang bermanfaat
- Jangan
menjelekan atau menjatuhkan teman sekerja dihadapan atasan
- Hargai
setiap teman sekerja sebagai manusia yang bermartabat.

Video etika dalam berkantor
Tidak ada komentar:
Posting Komentar